:::: MENU ::::

Minggu, 08 Desember 2013

omega-3
Kita sering mendengar istilah omega-3 yang menjadi jargon produk makanan fungsional yang kini mulai dicari banyak orang yang peduli kesehatan. Apa seseungguhnya omega-3 tersebut?

Omega-3 adalah salah satu lemak esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Keberadaannya sangat esensial karena memiliki beberapa manfaat menyeluruh meliputi sistem peredaran darah, kesehatan otak, pengaturan kadar gula darah, dan kesehatan tulang. Karena itu, keberadaannya sangat penting. Kekurangan omega-3 menimbulkan berbagai macam persoalan tubuh yang serius terkait dengan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan yang memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Kita memerlukan asalam lemak esensial ini sejak kita masih berbentuk janin dalam rahim ibu hingga akhir hayat kita. Omega-3 merupakan senyawa penting untuk membentuk otak sekaligus untuk berfungsinya otak kita. Fungsi omega-3 lainnya masih banyak, antara lain sebagai antioksidan, kecukupan omega-3 dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, otak, mencegah kanker, serta berbagai macam peyakit yang ada kaitannya dengan peradangan.

Pasokan omega-3 yang memadai memberi manfaat yang sangat baik bagi kesehatan secara menyeluruh. Lemak esensial ini bahkan disebut sebagai lemak penyembuh karena kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kecukupan omega-3 sangat membantu penyembuhan asma, arhritis, alzheimer, diabetes, hiperkolesterolemia, hipertrigliseridemia, lupus, kanker, PJK, degenerasi makula, dan lain-lain.

Fungsi omega-3 bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :
1. Melindungi jantung
2. Membantu megatasi obesitas
3. Meningkatkan kesehatan otak
4. Membantu menurunkan risiko kanker
5. Menjaga kesehatan prostat

Sumber ; The Healing Power of Antioksidant oleh Lanny Lingga, Ph.D
Categories: