:::: MENU ::::

Sabtu, 26 Oktober 2013

Anda tentu ingin mengetahui bagaimana caranya agar wortel yang kita makan memberi manfaat yang optimum bagi tubuh kita. Secara umum, sayuran akan lebih bermanfaat jika kita konsumsi mentah karena enzim alaminya masih utuh. Namun, untuk wortel ternyata tidak demikian. Wortel yang matang justru lebih baik daripada yang masih segar.

Wortel yang matang jauh lebih baik dinadingkan wortel yang anda konsumsi segar. Pengolahan akan melarutkan sebagian vitamin larut dalam air yang dikandungnya terutama kelompok vitamin B Kompleks, tetapi secara bersamaan dapat meningkatkan ketersediaan beta-karoten yang dikandungnya. Karena tujuan kita makan wortel untuk menikmati beta-karoten yang dimilikinya, maka kita harus berupaya untuk mendapatkan beta-karoten yang sebanyak-banyaknya dari wortel yang kita konsumsi. Sementara kita lupakan zat gizi lain yang hilang saat kita oleh. Kita masih dapat memperoleh vitamin yang hilang dengan mengkonsumsi makanan lainnya.

Meskipun demikian, kita pun harus pandai mengolahnya. Pengolahan wortel tidak boleh berlebihan karena akan merusak nutrisi lain yang ada pada wortel. Mengkukus wortel selama beberapa menit di dalam air yang telah mendidih dan membiarkannya dalam panci tertutup selama beberapa menit sebelum teralu lunak akan meningkatkan kadar beta-karoten yang dikandungnya.