:::: MENU ::::

Sabtu, 26 Oktober 2013

Sayuran yang paling sering kita konsumsi adalah tomat. Keluarga cabai ini banyak digunakan untuk berbagai hidangan di seluruh dunia. Buah tomat tak hanya memiliki rasa yang enak untuk dinikmati, namun juga kaya manfaat.

Buah tomat banyak mengandung aneka macam nutrisi dengan kualitas prima. Selain itu, tomat juga banyak mengandung fitokimia yang menyebabkan sayuran ini tergolong sayuran unggul. 

Mengkonsumsi buah tomat akan memasok sejumlah zat yang bermanfaat untuk mendukung fungsi biologik tubuh. Seperti juga cabai, tomat merupakan sumber vitamin A,C dan E dan sejumlah mineral penting yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Buah tomat mengandung sejumloah pigmen alami berupa karotenoid antara lain beta-karoten, likopen, lutein, betacryptoxanthin.

Anda penasaran dengan manfaat buah tomat? Tidak diragukan lagi bahwa tomat memang merupakan antioksidan yang andal. Likopen merupakan antioksidan utama yang dimiliki tomat. Likopen adalah karotenoid yang tidak memiliki aktivitas sebagai vitamin A seperti beta-karoten dan karoten lain yang dapat diubah menjadi vitamin A. Meskipun demikian, daya antioksidan yang dimilikinya tidak akalah kuat dibanding kaotenoid lain.

Buah tomat olahan memiliki kadar likopen yang lebih tinggi dibanding tomat segar. Mengapa demikian? Pengolahan akan mencegah dinding sel buah toamt sehingga likopen yang dikandungnya terurai seutuhnya. Selain itu, penambahan sejumlah kecil lemak pada tomat olahan akan meningkatkan bioviabilitas likopen sehingga jumlah likopen yang dapat dimanfaatkan tubuh meningkat.

Untuk mendapatkan manfaat likopen yang sebanyak-banyaknya, anda sebaiknya mengkonsumsi tomat olahan seperti pasta tomat atau saus tomat. Tentu saja anda harus cerdas memilih pasta dan saus tomat segar yang diolah dengan cara yang baik tanpa tercemar oleh bahan tambahan pangan (BTP : zat aditif). Jika ada kesempatan, anda pun dapat membuat saus tomat sendiri yang tentu lebih sehat daripada buatan pabrik. Anda hanya perlu mencampaur jus tomat segar dengan minyak zaitun dan memanaskannya hingga menjadi pasta kental yang siap untuk anda santap sebagai dressing salad, spaghetti, dan aneka hidangan lainnya. JIka anda suka, anda dapat menambah bawang putih dan bawang bombaby pada saus anda agar lebih beraroma.