:::: MENU ::::

Rabu, 25 September 2013

Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik dari teh, kita tidak boleh sembarangan memilih dan menyeduh teh yang akan kita minum. Berikut ini tips meminum teh yang perlu anda ketahui :
1. Belilah teh yang berkualitas tinggi. Jika tersedia, belilah teh oolong (terbuat dari pucuk teh) yang kaya polifenol dan berbagai zat berkhasiat.
2. Gunakan teh yang masih baru (belum kadaluwarsa). Belilah secukupnya agar anda tidak terlalu lama menyimpannya
3. Simpanlah selalu teh di dalam wadah tertutup agar tidak rusak karena lembap.
4. Seduhlah teh dengan air dengan suhu 70-80 derajat Celcius. Jangan menyeduh dengan air yang baru saja mendidih. Tujuannya untuk menjaga agar bioaktif yang dikandungnya tetap utuh.
5. Bagi yang mengalami gangguan lambung, buanglah air seduhan pertama, kemudian tuang lagi dengan air yang baru untuk mendapatkan teh yang siap diminum. Air seduhan teh yang pertama banyak mengandung asam tanat yang dapat mengiritasi lambung
6. Jangan menambah gula pada seduhan teh. Penambahan gula akan menurunkan manfaat bioaktif yang terkandung di dalam teh. Gula juga merupakan sumber inflamasi yang menambah radikal bebas baru ke dalam tubuh.
7. Jika anda menyukainya, tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam seduhan teh yang akan anda nikmati. Air perasan lemon atau jeruk nipis tidak hanya menambah cita rasa, namun juga menambah sejumlah vitamin C dan flavonoid yang akan memperkaya khasiat teh

Nah, ternyata meminum teh juga ada caranya agar kandungan teh benar-benar bermanfaat bagi tubuh kita. Selamat mencoba!

Sumber : The Healing Power of Antioxidant, oleh Lanny Lingga, Ph.D


Categories: