:::: MENU ::::

Rabu, 25 September 2013

Ketika masih anak-anak, kita sering disuguhi film sang pelaut yang gemar makan bayam. Diceritakan jika selesai makan bayam, tubuhnya langsung menjadi atletis dan sangat bertenaga, benarkah itu? Bayam yang memiliki nama latin Amaranthus spp merupakan sayur hijau yang menjadi favorit Popeye The Sailor Man.
Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi dengan kandungan mineral terutama Fe yang mampu  mencegah kelelahan akibat anemia.

Apa saja kandungan bayam dan apa fungsinya?
1.    Mineral Fe atau asam folat berhubungan erat dengan produksi darah
2.    Beberapa kandungan asam bisa mencegah sakit gusi, mengobati eksim, asam, perawatan kulit wajah, rambut dan kulit kepala, menurunkan kadar kolesterol, serta asam tersebut adalah asam folat dan oksalat.
3.    Vitamin A untuk kesehatan mata, mempertahankan daya tahan tubuh dan menjaga kekebalan tubuh
4.    Vitamin C dan E menjaga kesehatan kulit dan mencegah radikal bebas
5.    Fosfor sebagai pembentukan tulang dan gigi
6.    Serat membantu proses pencernaan
7.    Kalium yang menetralisasi dampak buruk natrium pada tubuh
8.    Protein yang dapat memperlambat konversi peptide angiotensin I menjadi angiontensi II, yaitu proses penyempitan pembuluh darah dan peningkatan tekanan darah
9.    Lutein untuk mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi resiko darah tinggi
10.    Vitamin K untuk pembekuan darah
11.    Sinergi vitamin K dan fosfor, tembaga, seng, mangan, dan magnesium yang berfungsi menjaga kekuatan tulang, sehingga mampu mencegah osteoporosis
12.    Antioksidan bayam mampu mencegah penuaan dini dan kanker. Senyawa tersebut dapat mengurangi radikal bebas yang menjadi penyebab berkembangnya tumor ganas.
13.    Nutrisi dan rendah kalori sehingga mampu menurunkan berat badan

Namun, bukan hanya manfaat, salah mengkonsumsinya  maka akan mendapatkan efek negatifnya juga. Yaitu kandungan zat besi yang berupa Fe2+ (ferro) dalam bayam yag terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen) maka bisa berubah menjadi Fe3+ (Ferri) dimana zat ini bersifat racun. Selain mengandung zat Ferri, bayam tersebut juga dapat mengandung zat nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara akan menjadi NO2(nitrit) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun.

PENTING!!!
Jangan sekali-kali memanaskan sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakan dalam bentuk makanan, bisa berbahaya bagi kesehatan, Segera konsumsi bayam yang masih segar, bukan hasil memanaskan atau terlalu lama disimpan di luar karena bisa berbahaya.

Aturan dalam mengolah bayam :
1.    Jangan disimpan di lemari es terlalu lama
2.    Dilarang memasak sayur bayam menggunakan panci alumunium, karena alumunium yang bereaksi dengan zat besi dalam bayam bisa menyebabkan terjadinya racun
3.    Tidak diperkenankan bagi penderita asam urat dan rematik mengkonsumsi sayur bayam, karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam uratnya akan kambuh.

Asam oksalat-lah yang menjadi racun dalam bayam yang mampu mengikat nutrien bagi tubuh. Hal ini menyebabkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam oksalat secara berlebihan bisa mengakibatkan defisiensi nutrien, terutama kalsium, karena zat gizi tersebut diikat oksalat. Selain itu, oksalat merupakan asam kuat yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, terutama lambung.

Sumber : Tahukah anda? Fakta buah dan sayur yang berbahaya, oleh Ir. Jumari Haryadi