:::: MENU ::::

Jumat, 02 Agustus 2013

Mungkin sebagian orang memandang sebelah mata mengkonsumsi buah pisang, karena rasanya yang mungkin kurang lezat. Namun, sesungguhnya buah ini memiliki banyak manfaat dan rasanya sungguh menggiurkan dan mampu memanjakan lidah kita. Manfaat buah pisang adalah makanan yang penting bagi tubuh, karena didalamnya mengadung unsur karbohidrat yang dapat memberi energi dan kehangatan bagi tubuh.

Disarankan untuk tidak memakan buah pisang yang masih mentah, karena karbohidrat buah pisang mentah mengandung amilum (tepung) yang sulit untuk dicerna dan tidak manis. Sementara dalam pisang matang, amilum ini telah berubah menjadi zat gula yang mudah dicerna oleh tubuh dan enak rasanya. 


Mengkonsumsi buah pisang sangat penting bagi tubuh. Selain dapat mengenyangkan, ternyata manfaat buah pisang juga berfungsi sebagai obat. Orang-orang China sejak ribuan tahun yang lalu, telah menggunakan akar pisang sebagai obat untuk penyakit kuning, sakit kepala, dan penyakit campak.

Penemuan modern menyimpulkan bahwa buah pisang dapat menyembuhkan penyakit diare dan beberapa penyakit yang mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini karena pisang bertekstur lembut, anti asam, mudah dicerna, dan sangat mungkin untuk dikonsumsi oleh orang sakit atau orang yang terluka dan bernanah.

Buah pisang banyak mengandung manfaat di antaranya vitamin A,B,C yang dapat meringankan tekanan darah tinggi sebagai pengganti potassium. Sebutir pisang tiap hari penting sekali bagi anak kecil, karena didalamnya banyak mengandung vitamin C, niasin, reboflafin, dan siamin. Pisang tidak banyak mengandung sodium dan bebas kolesterol, tetapi mengadung gula alami yang bisa mencapai 50%.

Sumber : Rahasia Pola Makan Nabi Muhammad SAW oleh Mida Lathifah