:::: MENU ::::

Jumat, 02 Agustus 2013

Buah anggur (Vitis Vinifera) termasuk golongan tanaman buah berupa perdu merambat dan masuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini sering dijadikan minuman anggur, jus anggur, minyak biji anggur, dan kismis, ataupun dikonsumsi tanpa diolah.

Buah anggur juga mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan juga penyakit lainnya. Hal ini disebabkan karena ada kaitan senyawa metabolit sekunder sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Buah anggur sangat baik dikonsumsi, baik ketika masih segar maupun kering. Buah ini mudah dicerna usus, menyuplai gizi, dan dapat menggemukkan badan. Anggur hijau dan merah dapat dijadikan obat, makanan, ataupun minuman.

Manfaat buah anggur yang bergizi tinggi ini cukup banyak, bahkan banyak yang percaya kalau anggur bisa mengobati berbagai penyakit, seperti batuk, lambung, membersihkan usus dan pencernaan, memurnikan darah, serta bisa digunakan untuk melakukan diet.

Thalbah, salah seorang ahli pengobatan mengatakan bahwa anggur juga memiliki manfaat  bagi kesehatan sebagai obat untuk mendukung pengobatan pernapasan. Caranya yaitu dengan mengolah anggur menjadi jus. Disamping itu, air perasan anggur juga berkasiat menurunkan panas pada tubuh, menghentikan batuk, dan membuat perut merasa nyaman.

Menurut Thalbah, jus buah anggur bisa membantu penyembuhan penyakit hemoroid (wasir), gangguan pencernaan, batu ginjal, dan gangguan kantong empedu. Oleh sebab itu, para peneliti menganjurkan untuk meminum segelas jus anggur, sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Bahkan meminum segelas jus anggur sebelum tidur juga bisa membantu anda tidur nyenyak tanpa insomnia yang menggangu.  Jus anggur juga baik untuk orang-orang yang keracunan, keletihan, ataupun dalam masa penyembuhan, ataupun terkena batu ginjal.

Lebih lanjut, para peneliti mengatakan bahwa jus anggur harus segera diminum setelah pembuatannya, karena jika didiamkan terlalu lama akan berubah menjadi arak yang memabukkan Selain bisa langsung dikonsumsi, buah anggur juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetika dan pelembab wajah. Seorang ahli botani Muslim terkemuka di era kejayaan Islam di Andalusia, Ibnu Baithar berpendapat, buah anggur tergolong paling baik dibandingkan buah-buahan lainnya, karena mangandung banyak lemak. Buah ini dapat menggemukkan orang yang kurus, membersihkan darah, dan memperlancar saluran pencernaan. Buah anggur juga bermanfaat untuk meningkatkan libido, memulihkan orang yang sakit, dan menguatkan jantung.

Sementara itu, peneliti Shiuan Chen PhD dari Beckman Research Institute of the City of Hope menjelaskan bahwa jus buah anggur (berikut bijinya) sangat ampuh menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sitetis hormone estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara. Melalui tes laboratorium, jus buah dan biji anggur terbukti mampu menghentikan hormone estrogen dalam sel.