:::: MENU ::::

Kamis, 15 Agustus 2013

Hampir semua orang masuk dalam jenis omnivora (pemakan hewan dan tumbuh-tumbuhan). Hasil penelitian menyebutkan bahwa ada orang yang bisa hidup hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan. Ternyata, mengkonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan tidak membuat orang kekurangan gizi. Bahkan kebiasaan tersebut bisa membuat orang tetap sehat dan bugar.

Ada cara mengkonsumsi buah-buahan yang selama ini dianggap benar dan sudah terlanjur menjadi kebiasaan semua orang. Padahal, apa yang selama ini dilakukan sebenarnya salah kaprah dan tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan tersebut adalah :
1. Buah-buahan dimakan sebagai makanan penutup, yaitu dimakan setelah makan nasi
2. Buah-buahan dicampur dengan susu, biasanya dalam bentuk jus buah, es buah, atau es campur
3.Buah-buahan dimasak, misalnya untuk dibuat manisan buah.

Cara mengkonsumsi buah-buahan tersebut keliru. Cara yang benar adalah :
1. Buah-buahan harus dimakan dalam keadaan perut kosong, bukan setelah perut kenyang seperti kebiasaan salama ini
2. Buah-buahan tidak boleh dicampur dengan susu atau biji-bijian
3. Buah tidak boleh dimasak

Mengapa kebiasaan kita mengkonsumsi buah-buahan selama ini salah? Ternyata, setelah dikunyah, buah-buahan tersebut akan masuk ke perut, kemudian tinggal di perut selama 15-20 menit, lalu bergerak ke usus. Dalam usus inilah, buah dicerna dengan enzim yang dikandung oleh buah itu sendiri. Jika buah dimakan setelah makan, buah akan diam diatas makanan karena tidak bisa bergerak ke usus. Hal ini menyebabkan buah mulai membusuk dan menyebabkan penyakit seperti meningkatnya asam lambung, gangguan pencernaan, gas, kolik, sembelit, dan gangguan penyakit lainnya.

Sebaiknya, buah tidak boleh dimakan bersamaan dengan makanan lain, karena makanan lain membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam perut. Buah juga jangan dimasak, karena akan menyebabkan hilangnya enzim yang berguna.

Semua penyakit tadi bisa dihindari jika makan buah setidaknya setengah jam sebelum makan. Bagi anda yang mempunyai penyakit kronis seperti tadi, disarankan untuk tidak makan roti atau nasi di pagi hari, tapi makanlah buah. Ketika “kelaparan”, buah merupakan pilihan terbaik. Buah memberikan energi dengan cepat dan efisien tanpa mengambil energi dari tubuh, sementara makanan lain memerlukan banyak energi untuk tercerna.

Sumber : "Tahukah anda? Fakta buah dan sayur yang berbahaya" oleh Ir. Jumari Haryadi




Categories: