:::: MENU ::::

Kamis, 15 Agustus 2013

Siapa yang tidak kenal dengan buah nanas?
Buah ini begitu popular sebagai salah satu buah yang biasa dibuat rujak. Buah yang berasal dari Brazil dan sering disebut nenas atau ananas ini merupakan tanaman yang berhabitat di daerah tropis. Nama latin buah ini adalah Ananas Comosus, sedangkan nama nanas sendiri sesungguhnya berasal dari kata “ananas” yang artinya “buah yang sangat baik”, sebutan yang biasa dilakukan orang-orang Tupi.

Tanaman yang disebut pineapple oleh orang Barat ini memiliki topi yang indah pada bagian atas buahnya ini tergolong family Bromeliaceae. Pohon nanas umunya pendek, berdaun panjang mirip daun pandan dengan sisi-sisinya memiliki duri yang tajam.

Dalam buku berjudul “Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” yang dibuat oleh dr. Setiawan Dalimartha, dijelaskan bahwa buah nanas juga berpotensi sebagai tanaman kesehatan yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Misalnya kandungan enzim bromelain pada buah ini berpotensi sebagai obat anti radang, mengurangi pembengkakan, dan bisa membantu melancarkan pencernaan, karena efeknya yang bisa melunakkan makanan di lambung. Disamping itu, zat ini juga bisa menghalangi perkembangan sel kanker dan mencegah terjadinya penggumpalan darah dan juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Keberadaan enzim bromelain juga sangat bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan kadar asam dalam darah. Kandungan air yang berlebih pada tubuh kita dapat berkurang jika rajin mengkonsumsi buah nanas ini, sehingga efeknya bisa membantu menyembuhkan penyakit Edema.

Pada buah nanas juga mengandung zat asam aspartic yang fungsinya membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh kita. Sedangkan kandungan seratnya cukup tinggi bisa membantu melancarkan proses BAB (Buang Air Besar). Bagi orang yang sakit sangat dianjurkan mengkonsumsinya, karena di dalamnya terdapat beberapa zat yang bisa membantu penyerapan obat di dinding usus.

Buah yang bersisik pada kulitnya  dan rasa daging buahnya yang asa ini ternyata bisa meningkatkan system pertahanan tubuh. Beberapa penyakit mengerikan seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri bisa dihindari, karena di dalam buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, besi, magnesium, kalsium, fosfor, natrium, kalium, sukrosa, dekstrosa, dan enzim bromelain.

Buah dan daun nanas ternyata juga sangat efektif untuk perawatan kencantikan. Enzim yang terdapat dalam daun dan buahnya bisa membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Pada sebuah penelitian dilakukan sekelompok ahli terhadap hewan tikus yang terkena luka bakar, terbukti enzim yang terdapat dalam daun dan buah nanas dapat memperbaikai jaringan kulit yang mati. Enzim tersebut bekerja secara konsisten sampai jaringan kulit yang baru muncul menggantikan jaringan lama yang rusak.

Didamping bermanfaat, dampak negatif mengkonsumsi buah nanas tentu saja ada. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati dan bijaksana dalam memanfaatkannya. Beberapa efek negatif mengkonsumsi buah nanas yang harus diwaspadai adalah :
1.    Bagi penderita rematik, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini. Ketika buah nanas yang kita konsumsi sudah berada dalam saluran pencernaan, maka makanan tersebut akan terfermentasi menjadi alkohol yang bisa merangsang timbulnya rematik
2.    Bagi sebagian orang, terlalu banyak mengkonsumsi buah nanas beresiko menimbulkan sakit kepala dan reaksi alergi dengan gejala seperti kulit menjadi merah dan gatal. Oleh sebab itu, untuk mengurangi dampak negatif tersebut, bisa dilakukan dengan cara merendam potongan nanas ke dalam air hangat yang sudah dicampur air garam secukupnya. Pada kasus alergi yang cukup serius, dampaknya bisamembuat bibir dan mulut menjadi bengkak.
3.    Bagi wanita yang hamil muda,sebaiknya menghindari makan buah nanas terutama nanas muda, karena memiliki sifat antelmintik dan abortivium yang dapat memicu kontraksi, sehingga berpotensi menggugurkan kandungan. Disisi lain, bagi wanita yang terlambat haid justru dapat membantu dalam memperlancar haid.
4.    Bagi penderita diabetes, sebaiknya jangan mengkonsumsi nanas secara berlebihan. Zat gula yang dikandung dalam buah ini cukup tinggi dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes.